Bagaimana belajar aktif mereview pembelajaran ?
Salah satu cara paling meyakinkan untuk mengetahui apakah pembelajaran itu benar-benar tepat sesuai yang diharapkan adalah menyertakan waktu untuk meninjau kembali apa yang telah dipelajari. Materi yang telah ditinjau ulang oleh peserta didik akan disimpan lima kali lebih kuat daripada materi yang tidak ditinjau. Peninjauan kembali (review) memudahkan peserta didik mempertimbangkan informasi dan mempercepat peserta didik menemukan cara-cara untuk menyimpan memori di dalam otaknya. Disamping membuat siswa menjadi aktif, strategi peninjauan kembali membantu peserta didik mengengan pengalaman belajar dan menghitung satu demi satu perolehan kekayaan pengalaman belajar. Strategi ini menantang peserta didik untuk mengingat kembali setiap topik pada unit pelajaran yang dipelajari. Proses ini menjadi cara terbaik mengawal peserta didik mengunjungi kembali pengalaman-pengalaman baru yang telah dilipat. Peninjauan kembali terhadap apa yang telah dikecap adalah proses perenungan untuk mengunci perolehan pembelajaran sebagai harta kekayaan belajar dan menghantarkan siswa mengatakan kata "goodbye" dengan tersenyum sebelum memasuki pokok bahasan baru (Sumber : Active Learning)
Salah satu cara paling meyakinkan untuk mengetahui apakah pembelajaran itu benar-benar tepat sesuai yang diharapkan adalah menyertakan waktu untuk meninjau kembali apa yang telah dipelajari. Materi yang telah ditinjau ulang oleh peserta didik akan disimpan lima kali lebih kuat daripada materi yang tidak ditinjau. Peninjauan kembali (review) memudahkan peserta didik mempertimbangkan informasi dan mempercepat peserta didik menemukan cara-cara untuk menyimpan memori di dalam otaknya. Disamping membuat siswa menjadi aktif, strategi peninjauan kembali membantu peserta didik mengengan pengalaman belajar dan menghitung satu demi satu perolehan kekayaan pengalaman belajar. Strategi ini menantang peserta didik untuk mengingat kembali setiap topik pada unit pelajaran yang dipelajari. Proses ini menjadi cara terbaik mengawal peserta didik mengunjungi kembali pengalaman-pengalaman baru yang telah dilipat. Peninjauan kembali terhadap apa yang telah dikecap adalah proses perenungan untuk mengunci perolehan pembelajaran sebagai harta kekayaan belajar dan menghantarkan siswa mengatakan kata "goodbye" dengan tersenyum sebelum memasuki pokok bahasan baru (Sumber : Active Learning)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar